Rokok Elektronik, AMANKAH .....?

5:18 PM Diposting oleh Unknown

Bookmark and Share
Waktu blogwalking  ke beberapa blog nggak sengaja saya liat ada sebuah iklan rokok elektronik. Saya agak penasaran juga, lalu saya browsing sana-sini cari info rokok elektronic ini. Yang saya lebih penasaran lagi rokok elektronik atau rokok electric ataupun E-Health Cigarette katanya lebih aman di karena tidak mengandung bahan kimia



Cara Kerja Roko Elektronik:
Dari browsing sana-sini, ini lah prinsip kerja rokok elektrik yang saya dapatkan

Ketika Anda menghisap bagian ujung rokok, air flow sensor akan mendeteksi adanya aliran udara pada ujung rokok.  Airflow sensor akan memberitahukan microprosessor untuk melakukan berbagai aktifitas elektronik. Saat microprocessor mendapat sinyal dari air flow sensor, maka alat ini akan melakukan beberapa aktifitas, yaitu : mengaktifkan atomizer untuk menyemprotkan campuran bahan yang ada di dalam catridge. propylene glycol yang dicampurkan ke dalam catridge akan berekasi dan membuat terciptanya uap/kabut yang hampir mirip dengan asap rokok konvensional. Microprocessor juga menyalakan LED (Light Emitting Diode) berwarna merah atau orange, supaya memberikan sensasi sebagaimana rokok terbakar ketika dihisap. harga kisaran 100-200 ribu dan rokok ini mempunyai rasa sama seperti rokok biasa. ada beberapa macam rasa rokok ini antara lain Marlboro,DjiSamSoe,Sampoerna,Gudang Garam,Djarum Super (sumber: kaskus.com)




Langkah # 1: Sebuah sensor akan mendeteksi aliran udara yang bergerak melalui rokok ini saat pengguna menghisapnya.

Langkah # 2: nikotin cair berkadar rendah dan bumbu yang terdapat dalam kartrid masuk ke ruang atomisasi sedangkan sebuah Smart Chip mengontrol Jumlahnya

Langkah # 3: Pemanasan (atomisasi) cairan membuat uap yang cukup banyak yang sangat mirip dengan asap. Sementara uap ini dinikmati, lampu indikator sinyal menyala merah.

Langkah # 4: Ketika selesai menghirup perokok, LED di lampu indikator memudar padam.
(sumber: http://electrosmoking.blogspot.com)

Setelah mengetahui cara kerjanya, apakah rokok yang dijual dengan harga sekitar Rp 300.000 ini aman di pakai sebagai pengganti rokok konvensional? Dari produsennya, mengklaim bahwa rokok ini lebih baik dari rokok konvesional, kelebihannya antara lain: 
  1. Tidak mengandung TAR, Tembakau, karbon monoksida (CO2), atau pun abu sisa pembakaran.
    Nikotin yang sangat rendah bahkan hampir tidak ada sama sekali. ( Bahkan Anda Tak memerlukan Korek Api!! )
  2. Setiap Batang Kartrid harganya sangat Murah, biaya kurang lebih Rp.4000 dan perbatang Kartrid adalah setara dengan 1 Bungkus rokok biasa.
  3. Anda dapat berhemat Jutaan rupiah per tahun dari pembelanjaan konsumsi Rokok biasa anda.
    Anda tidak akan "bau" seperti seorang perokok lagi.
  4. Tersedia dalam aneka Rasa ( Marlboro,Menthol,Mild,Mocha,dll).
  5. Tidak ada lagi perokok pasif.( anda tak akan lagi mencemari anggota keluarga anda yang bukan perokok dengan Asap Beracun dan Bau Rokok ,karena asapnya aman dan langsung lenyap)
Tapi Dr Danardi menyatakan dengan tegas bahwa jangan mudah termakan rayuan tersebut. Karena beberapa penelitian telah menemukan adanya banyak racun yang terkandung dalam produk tersebut.

Penelitian Dr Andreas Flouris dari FAME Laboratory Institute of Human Performance and Rehabilitation Center for Research and Technology, Yunani, dtemukan hasil sebagai berikut:
  1. Propilen glikol, yang berpotensi menyebabkan keracunan
  2. N-nitrosamine khusus tembakau, yang merupakan karsinogen kuat (penyebab kanker)
  3. Hidrokarbon polisiklik, racun yang bersifat non-karsinogen
  4. Dietilen glikol yang sangat beracun dengan kadar 1 persen

Bagaimanapun juga rokok atau rokok elektrik tetaplah musuh bagi kesehatan tubuh Anda. Dan jangan mudah tertipu dengan produk rokok yang menyatakan produknya sehat.(sumber : detik.com)
Related Posts with Thumbnails

6 komentar:

  1. irfanerz mengatakan...

    wah pdhl lgi kepengin beli lo bro ...maksutnya biar ngirit hehe .., tapi yah namanya juga rokok .. tetp aja ada efeknya , btw makasih dah mmpir di blogku ya bro ... dah tak pasang link blogmu .. :)

  2. catoer pearce mengatakan...

    mksh tas infonya,sngt brgna,,,sy hanya penasaran dgn cara krj e cigarete.

  3. UsahaBisnis mengatakan...

    makasih banyak bro infonya sangat bermanfaat.. barusaja sya mw pesan rokok elektrik.. tpi stelah baca posting agan sya g jdi beli deh.. dtabung aja.. hehe

  4. Anonim mengatakan...

    I'm really impressed with your writing skills and
    also with the layout on your weblog. Is this a paid theme
    or did you customize it yourself? Anyway keep up the nice quality writing, it's rare to see
    a great blog like this one nowadays.

    Feel free to visit my web site - great home ideas ()

  5. Anonim mengatakan...

    South India is blessed with stunning allures of natural greenery and ancient temples which can be big milestones to explore out there.
    You can volunteer for social administration associations cost-free or at a negligible cost for sustenance
    and sanctuary. Bharatpur Bird Sanctuary is world renowned for the curious combination of domestic and migratory birds.


    Also visit my blog post :: india tours

  6. Anonim mengatakan...

    If some one needs to be updated with most recent technologies after that he must be go to see this website and be up to date all the
    time.

    Look into my blog Dr. Rashmi Patel

Posting Komentar